Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya.
UPDATE!! Berita di Radar Merauke dapat dibaca langsung lewat Smartphone Android! Baca fiturnya DISINI atau Download aplikasinya disini : LINK Download Android RadarMeraukeCom.APK !!! Baca berita Via Opera Mini Atau Browser Handphone (Blackberry/Iphone/Symbian) : http://www.radarmerauke.com/?m=1 .

Saturday, 10 January 2009

Brigadir Jendral TNI (Mar) Lukman Sofyan,Komandan Lantamal XI yang baru di Merauke



LIMA
bulan menjabat sebagai Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Brigadir Jendral TNI (Mar) Lukman Sofyan sudah seperti orang asli Kota Gurindam. Dia bahkan memiliki hobi baru, yakni berpantun. Hobi baru itu lantaran setiap menghadiri acara, dia selalu mendengar pejabat berpantun. Itu yang membuat Komandan Lantamal IV yang ke-6, itu berusaha memperlajari pantun. “Saya suka membaca buku pantun, terutama buku yang ditulis Wali Kota (Suryatati),”ujar Lukman kepada Tribun, di Tanjungpinang, Kamis (8/1).

Lukman akan menyerahkan tongkat komando kepada Laksamana Pertama TNI Sri Mohamad Daro Jatim, Jumat (9/1) hari ini. Upacara sertijab akan dipimpin Panglima RI Kawasan Barat, Laksamana Muda TNI Soeparno di Mako Lantamal IV, Jl Yos Sudarso, Batu Hitam. Bersama itu Soeparno juga akan menyaksikan penyerahan tongkat Komando Satudarmabar dari Kolonel Laut (P) Subariyoto kepada Kolonel Laut (P) Dadun Kohar.

Lukman yang akan pindah tugas menjadi Komandan Lantamal XI di Merauke, memiliki kesan manis mengenai Tanjungpinang dan Kepri secara umum. Kata dia, selama bertugas di Tanjungpinang, dirinya melihat nasionalisme masih sangat terasa dan tinggi. Seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya pada setiap acara, serta perayaan hari kemerdekaan yang begitu meriah.

“Pada Perayaan HUT RI sangat terasa dan masyarakat antusias merayakannya, seperti banyaknya perlombaan dan kegiatan lainnya,”ujar Lukman.

Selain itu, dia merasa masyarakat Kepri juga peduli terhadap lingkungan dan selalu mendukung kegiatan TNI AL. “Kita selalu mendapat informasi dari masyarakat tentang kegiatan atau pelangaran di laut. Walau informasi itu belum maksimal, tetapi terlihat adanya perhatian masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI,”puji suami dari Tri Hartati itu.

Selain itu, ayah dua putri dan satu putra itu mengaku banyak keanekaragaman budaya dan suku di Tanjungpinang maupun Kepri secara umum, namun daerah ini tetap kondusif. Masyarakatnya dapat hidup berdampingan dan selalu menjaga hubungan dan budaya. “Suasana kondusif selalu terjaga, walau banyak suku dan budaya,”ujarnya.

Alumni AAL XXVI 1981, itu mengaku Gurindam 12 yang diciptakan Raja Ali Haji, sangat bagus untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Baik dalam hubungan sesama manusia maupun hubungan dengan Tuhan. Selain itu, selama di Tanjungpinang, Lukman sangat menyukai otak-otak dan sup ikan. “Makanan ini sangat enak dan saya menyukainya,”aku Komandan Denam Mabesal itu.

Lukman mengakui dengan kondisi Kepri yang 96 persen laut, belum maksimal melakukan tugas karena terbatasnya armada. Namun selama betugas di Lantamal IV, puluhan kapal pencuri ikan berhasil ditangkap dan diproses hingga ke meja hijau. Juga sukses menggagalkan penyelundupan barang maupun pengiriman TKI ilegal ke luar negeri.

Lukman banyak mengabdikan diri pada Kesatuan Tempur atau Korps Marinir. Lulus AAL 1981, mulai betugas sebagai komandan peleton, komadan Kompi, dan komandan Batalyon Zeni Tempur. Tahun 2000 dia menjabat Komandan Resimen Bantuan Tempur Marinir. Lulus Sesko TNI 2002 Lukman menjabat Asisten Logistik Korps Marinir.

Tahun 2003, Lukman ditugaskan sebagai pengamat militer (Militery Observe) Pasukan Garuda XIII di Bosnia Herzegovina, saat negara itu dalam komflik. “Saya sangat terkesan saat bertugas di daerah konflik, baik itu di Ambon maupun di Bosnia,”ujarnya.

Kemudian dia, menjabat di pasukan sebagai Dandenma Mabesal periode 2004-2006. Selanjuntnya karier militer Lukman meningkat. Tahun 2006, dia dipercaya sebagai Wadan Lantamal V Surabaya lalu Wadan Lantamal III Jakarta. Tahun 2008 dipercaya sebagai Komandan Lantamal IV Tanjungpinang dan berhak menyandang Satu Bintang di bahunya. Selanjutnya Lukman akan menjabat Komandan Lantamal XI Merauke yang rencananya dilantik KSAL Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijanto SH, Kamis (15/1) mendatang.

Selain bertugas di Korps Marinir, Lukman juga banyak mengikuti pendidikan TNI. Di antaranya Susarcab TNI AD/ Zeni 1982, Diklapa II/ Banpur 1988, Kursus Rendas OA 1990, Kursus Binlatsat 1991, Kursus Danyonif 1991, Seskoal 1996, Kursus Stafjemen Hankam 1997, Sesko TNI 2002, dan Lemhanas 2007.

“Komadan yang baru lebih berpengalam dari saya di Kepri, karena pernah menjabat Asisten di Gugus Kemanan Laut Armada Barat di Batam,”ujar Lukman memuji suksesornya, Laksamana Pertama TNI SM Daro Jatim, yang sebelumnya menjabat Koamdan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Guspurlatim).(almi fitri)


http://www.tribunbatam.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=21297&Itemid=1

Share on :
Silahkan berikan komentar melalui Facebook. Jangan lupa login dulu melalui akun facebook anda. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Ditulis Oleh : ~ Portal Berita Merauke

Artikel Brigadir Jendral TNI (Mar) Lukman Sofyan,Komandan Lantamal XI yang baru di Merauke ini diposting oleh Portal Berita Merauke pada hari Saturday, 10 January 2009. Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan radarmerauke.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 
© Copyright RadarMerauke.com | Portal Berita Merauke @Since 2008 - 2013 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Owner Template | Published by Owner Template and Owner
WWW.RADARMERAUKE.COM - PORTAL BERITA MERAUKE
( www.radarmerauke.me | www.radarmerauke.asia | Email : radarmerauke@gmail.com | radarmerauke@yahoo.com )

Radar Merauke menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kota Merauke dan wilayah Papua Selatan umumnya. Copyright berita dalam site ini milik pemilik berita: Kompas, Bintang Papua, Cenderawasihpos, Tabloid Jubi, Jaringan Pasificpost, Infopublik, suluhpapua, Jaringan JPNN dll. Radar Merauke adalah web personal yang merangkum berita dari berbagai media.